Program Kesiswaan

PROGRAM  KERJA KESISWAAN MAN 1 GARUT

https://www.youtube.com/watch?v=dAa5kPcRnko

 

 Program Kesiswaan Umum meliputi beberapa hal dintaranya :

  • Program Kesiswaan Umum meliputi beberapa hal dintaranya :

    • Penyusunan Program Kesiswaan

    Penyusunan program kesiswaan ini tidak dapat dibuat sendiri oleh waka kesiswaan. Diperlukan musyawarah bersama pembina-pembina organisasi baik OSIS maupun ekstrakurikuler sehingga program kerja yang terwujud merupakan program bersama yang akan terealisasikan dengan baik.

    Karena hal tersebut sangat penting adanya rapat kerja pembina kesiswaan yang di dalamnya terbawa aspirasi dari siswa/ pengurus organisasi untuk Menyusun perencanaan program selama satu tahun. Program akan berisi jenis dan waktu kegiatan yang akan dilaksankan dengan dilengkapi perencanaan pembiayaan yang selanjutnya akan dikomunikasikan dalam rapat pimpinan Madrasah yang melibatkan pihak Tata Usaha dan bendahara madrasah. Sehingga dalam satu tahun akan diperoleh gambaran kegiatan kesiswaan secara utuh,

    • Penyusunan dan/atau mengevaluasi Tata Tertib Siswa

    Penyusunan tata tertib di MAN 1 Garut sudah dibukukan dalam buku saku. Aturan aturan yang sudah dibuat sudah didiskusikan dan telah menjadi kesepakatan di MAN 1 Garut. Pelanggaran tentang tata tertib dilakukan system point. Di samping itu setiap prestasi / penghargaan juga dicatat pointnya dalam buku saku tersebut. Untuk melihat efektifitas dalam pelaksanaan tata tertib dilakukan evaluasi dan perbaikan terhadap tata tertib setiap tahun pelaksanaannya.

    • Penerapan Tata Tertib Madrasah

    Penerapan tata tertib dilaksanakan oleh Tim Kesiswaan yang terdiri dari para pembina kesiswaan. Dilakukan penjadwalan setiap hari untuk piket kedisiplinan siswa di depan gerbang. Penegakkan tata tertib dan pencatatan poin pelanggaran oleh seluruh guru MAN 1 Garut dan TU MAN 1 Garut yang menemukan pelanggaran. Setiap siswa yang telah mendapatkan point pelanggaran

    • Mengadakan kegiatan Penerimaan Siswa Baru

    Dalam peningkatan mutu input siswa yang akan masuk ke MAN 1 Garut, bidang kesiswaan memiliki kewajiban untuk melakukan upaya maksimal untuk menjaring peserta didik yang unggul. Oleh sebab itu diperlukan sebuah program penerimaan siswa Baru yang meliputi persiapan, penjadwalan, persyaratan, tes/seleksi, penjurusan sampai pengkelasan. Dan semua kegiatan tersebut dilaksanakan Bersama dengan TIM PPDB MAN 1 Garut yang diberikan SK sebagai panitia oleh kepala Madrasah. Bidang kesiswaan juga dapat melaksanakan kegiatan lomba TK SMP atau MTS untuk menggiring dan menjaring siswa unggulan yang akan masuk ke MAN 1 Garut.

    • Mengadakan Kegiatan Orientasi Siswa Baru ( MATSAMA)

    Setelah kegiatan PPDB tuntas dan semua siswa yang lulus telah mendapatkan kelas akan dilaksanakan kegiatan pengenalan madrasah melalui kegiatan MATSAMA  (Masa Taaruf Siswa Madrasah Aliyah). Hal ini untuk memperkenalkan berbagai hal tentang madrasah, baik dalam hal kurikulum, Sarana, maupun kegiatan kesiswaan dan lainnya.

    • Melaksanakan monitoring dan mengevaluasi Kegiatan Ekstrakulikuer Secara Rutin

    Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler harus sesuai dengan program kerja dari eskul masing masing. Sehingga jika ada kegiatan yang tidak sesuai dengan program kerja, maka waka kesiswaan dapat memberikan evaluasi/catatan dan saran perbaikan. Oleh sebab itu diperlukan monitoring terhadap kegiatan setiap hari/ minggu.

    Monitoring dapat dilakukan terhadap berjalannya kegiatan rutin ekstrakurikuler, terlaksananya kegiatan lain pada ekstrakurikuler dan lainnya.

    • Mengadakan Seleksi Siswa Berprestasi

    Untuk menciptakan siswa yang berprestasi tentunya kita memerlukan sumber daya manusia yang dapat dilatih dan dibina kemudian didelegasikan sebagai wakil Man 1 Garut dalam kegiatan lomba di luar madrasah. Maka untuk mencari atau menentukan siapa yang terpilih diperlukan seleksi. Ragam seleksi yang dapat dibuat antara lain seleksi khusus, lomba TK madrasah  yang dilaksanakan Madarasah seperti:

    1. PORAK
    2. Gebyar Lomba Akademik
    3. Lomba dalam kegiatan peringatan Hari Besar Keagamaan/ Nasional
    • Keikutsertaan dalam Lomba Kesiswaan

    Kegiatan ini adalah keikutsertaan dalam kegiatan lomba baik akademik maupun non akademik di luar madrasah. Semua lomba akan menjadi pantauan khusus baik dalam persiapan, pelaksanaan, dan monitoring evaluasi programnya. ( Hal ini sebagai ukuran keberhasilan program kegiatan kesiswaan karena berhubungan dengan prestasi yang diraih.

    • Mengadakan Kegiatan PHBN dan PHBI

    Kegiatan PHBN dan PHBI menjadi bagian tugas bidang kesiswaan di Madrasah. Kegiatan ini akan dilaksanakan dengan pelaksana pendamping oleh Pembina OSIS ( PHBN) dan pembina IPCM untuk PHBI

    • Penyusunan Laporan Tahunan dan Evaluasi

    Semua kegiatan yang dilakukan selama satu tahun harus disusun sebagai laporan tahunan Waka Kesiswaan. Setelah selesai disusun kemudian dianalisis untuk dievaluasi dan hasilnya akan dijadikan pedoman pelaksanaan kegiatan kesiswaan tahun berikutnya.

     RINCIAN TUGAS  PEMBINAAN KESISWAAN

    1. PROGRAM PEMBINAAN  OSIS
    2. Pengertian

    Organisasi Intra Sekolah disingkat OSIS adalah Satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan. OSIS bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekolah. Karena OSIS merupakan wadah organisasi siswa di sekolah. Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah yang bersangkutan.Madrasah adalah merupakan sebuah irisan dari sekolah. Madrasah adalah sekolah yang memiliki kekhasan dalam pembelajaran Agama Islam. Sam halnya dengan di Sekolah, OSIS di madrasah memiliki peran yang sama sebagai sarana berorganisasi bagi seluruh siswa/ peserta didik.

    1. Tujuan

    Organisasi ini bertujuan untuk :

    1. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yg meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
    2. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dariusaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
    3. Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
    4. Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).
    1. Materi Pembinaan

    Materi pembinaan kesiswaan (OSIS) mencakup :

    1. Pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa
    2. Pembinaan Budi Luhur atau Akhlak Mulia
    3. Pembinaan Kepribadian Unggul, wawasan kebangsaan, dan bela Negara
    4. Pembinaan Prestasi akademik,seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat
    5. Pembinaan Demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural.
    6. Pembinaan kreativitas keterampilan dan kewiraswastaan Pembinaan kualitas  jasmani ,kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi.Pembinaan sastra dan budaya.
    7. pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pembinaan komunikasi dalam bahasa inggris dan Bahasa lainnya.
    1. Perangkat OSIS

    Perangkat OSIS terdiri dari :

    1)      Pembina OSIS

    2)      Perwakilan kelas (MPK)

    3)      Pengurus OSIS

    4)      Anggota OSIS

     

    1. Rincian dan tugas Perangkat OSIS
    2. Pembina OSIS

    Pembina OSIS terdiri dari 1 orang Pembina yang ditunjuk/ ditentukan oleh kepala Madrasah. Pembina OSIS secara umum bertanggung jawab atas seluruh pengelolaan, pembinaan dan pengembangan OSIS di sekolah.

    Rincian tugas pembinaan OSIS adalah :

    1. Bertanggung jawab atas seluruh pembinaan dan pengembangan OSIS di sekolah
    2. Memberikan nasihat kepada perwakilan kelas dan pengurus.
    3. Mengesahkan keanggotaan perwakilan kelas dengan surat keputusan kepala sekolah.
    4. Mengesahkan dan melantik pengurus OSIS dengan surat keputusan kepala sekolah.
    5. Mengarahkan penyusunan anggaran rumah tangga dan program kerja OSIS.
    6. Menghadiri rapat-rapat OSIS
    7. Mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas OSIS
    1. Perwakilan Kelas ( Dewan Perwakilan Kelas/ DPK)/ Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK)

    Perwakilan kelas terdiri atas wakil-wakil kelas. Setiap kelas diwakili oleh 2 (dua) orang siswa. Perwakilan kelas bertugas memilih pengurus OSIS, mengajukan usul-usul untuk dijadikan program kerja OSIS dan menilai laporan pertanggungjawaban pengurus OSIS pada akhir masa jabatannya. Perwakilan kelas bertanggung jawab langsung kepada Pembina OSIS

    Masa jabatan perwakilan kelas selama 1 tahun ajaran.

    Rincian tugas perwakilan kelas adalah :

    • mewakili kelasnya dalam rapat perwakilan kelas
    • mengajukan usul kegiatan untuk dijadikan program kerja OSIS
    • mengajukan calon pengurus OSIS berdasarkan hasil-hasil rapat kelas.
    • Memilih pengurus OSIS dan daftar calon yang telah disiapkan.
    • Menilai laporan pertanggungjawaban dan segala tugas pengurus Osis pada akhir masa jabatannya.
    • Menyusun Anggaran Rumah Tangga.
    1. Pengurus OSIS

    Pengurus OSIS terdiri atas :

    1. seorang ketua dan dua orang wakil ketua ( Ketua umum, Ketua 1, Ketua 2)
    2. Seorang sekretaris dan dua orang wakil sekretaris ( Sekretaris Umum , Sek 1 Sek 2)
    3. Seorang bendahara dan seorang wakil bendahara ( Bendahara umum, Bendahara)
    4. Sepuluh orang ketua seksi yaitu :
    • Bidang ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa
    • Bidang budi pekerti luhur serta lingkungan hidup
    • Bidang Kepribadian Unggul, wawasan kebangsaan, dan bela Negara
    • Bidang seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat
    • Bidang Demokrasi , Hak asasi manusia, Pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi social
    • Pembinaan kreativitas keterampilan dan kewiraswastaan
    • Bidang kualitas jasmani, Kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi
    • Bidang Sastra dan Budaya
    • Bidang Teknologi informasi dan Kumunikasi ( TIK)
    • Bidang Komunikasi dalam Bahasa inggris
    1. Pembinaan Seksi :

    Seksi I : Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, antara lain:

    1. a)    Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing.
    2. b)    Memperingati hari-hari besar keagamaan;
    3. c)    Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;
    4. d)    Membina toleransi kehidupan antar umat beragama;
    5. e)    Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan;
    6. f)     Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah
    7. g)    Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah
    8. h)   Melaksanakan kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban,   keindahan, kekeluargaan, kedamaian, dan kerindangan)

     

    Seksi II : Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : Paskibra, Pramuka

    Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara

    1. a)  Melaksanakan upacara bendera pd hari senin serta hari2 besar nasional
    2. b)  Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars & Hymne)
    3. c)  Melaksanakan kegiatan kepramukaan
    4. d)  Mengunjungi dan mempelajari tempat2 bernilai sejarah
    5. e)  Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan
    6. f)   Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;
    7. g)  Melaksanakan kegiatan bela Negara
    8. h)  Menjaga dam menghormati simbol -simbol dan lambang lambang negara
    9. i)   Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara

    Seksi III : Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : Club Olahraga, Unit kegiatan seni, Unit Kegiatan Gabungan Club Akademik

    Pembinaan prestasi akademik, seni, olahraga sesuai dengan bakat dan minat

    1. a)    Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian
    2. b)    Menyelenggarakan kegiatan ilmiah
    3. c)    Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa iptek
    4. d)   Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar
    5. e)    Mendesain dan memproduksi media pembelajaran
    6. f)     Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian
    7. g)    Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah
    8. h)   Membentuk klub sains, seni, dan olahraga
    9. i)     Menyelenggarakan festival dan lomba seni
    10. j)     Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga

    Seksi IV : Binaan kegiatan ekstrakurikuler : Pramuka

    Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, , kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural, antara lain:

    1. Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing;
    2. Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;
    3. Melaksanakan Pelatihan kepramukaan dan penerimaan Anggota ;
    4. Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;
    5. Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;
    6. Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.

    Seksi V : Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : Warung Siswa

    Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan, antara lain:

    1. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna;
    2. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;
    3. Meningkatkan usaha Warung siswa dan unit produksi;
    1. Syarat Pengurus OSIS
      1. Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
      2. Mermiliki budi pekerti luhur dan sopan santun terhadap orang tua, guru, dan teman
      3. Memiliki bakat sebagai pemimpin siswa
      4. Memiliki  kemauan, kemampuan, dan pengetahuan yang memadai
      5. Dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya,sehingga pelajarannnya tidak terganggu karena menjadi pengurus OSIS
      6. Pengurus dicalonkan oleh perwakilan kelas
      7. Khusus untuk ketua OSIS , ditambah persyaratan :
      8. mempunyai kemampuan berpikir yang jernih
      9. memiliki wawasan mengenai kondisi yang sedang dihadapi bangsanya.
      10. tidak duduk di kelas terakhir, karena akan menghadapi ujian Nasional.

     

    1. Rincian Tugas Pengurus OSIS
    2. bertugas menyusun dan melaksanakan program kerja OSIS sesuai dengan AD ART
    3. menyampaikan laporan pertangungjawaban kepada rapat perwakilan kelas pada akhir masa jabatannya.
    4. Bertanggung jawab langsung kepada perwakilan kelas dan pembina OSIS.
    5. Mempunyai masa kerja selama satu tahun pelajaran.

     

    1. Anggota OSIS
    2. Anggota OSIS secara otomatis adalah siswa yang masih aktif belajar pada sekolah yang bersangkutan
    3. Anggota OSIS tidak memerlukan kartu anggota
    4. Keanggotan berakhir apabila siswa yang bersangklutan tidak menjadi siswa lagi di sekolah tersebut, ata meninggal dunia
    5. Setiap anggota mempunyai hak :
    • mendapat perlakuan yang sama sesuai bakat, minat dan kemampuannya
    • memilih dan dipilih sebagai perwakilan kelas atau pengurus.
    • Bicara secara lisan maupun tertulis.

     

    1. Keuangan

    Keuangan OSIS diperloleh dari dana yang disediakan oleh Madrasah , dan sumbangan yang tidak mengikat serta usaha lain yang sah.

    1. Forum Organisasi
    2. Rapat-rapat
    3. Rapat pengurus
      1. Rapat pleno pengurus adalah rapat yang dihadiri seluruh anggota pleno pengurus OSIS
      2. Rapat pengurus harian adalah rapat pengurus yang dihadiri oleh ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan wakil ketua, sekretaris, bendahara dan wakil bendahara untuk membicarakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pekerjaan sehari-hari.
      3. Rapat koordinasi adalah rapat yang dihadiri oleh sah serang wakil ketua I, sekretaris, wakil sekretaris I, bendahara dan seksi I sampai dengan seksi VIII
    1. Sasaran/Target Pembinaan.
    2. Meningkatkan peran serta siswa dalam membina sekolah sebagai wawasan wiyata mandala sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh yang bertentangan dengan kebudayaan nasional
    3. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatf yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah.

    Di MAN 1 Garut, dilakukan perampingan atas kegiatan Pengurus OSIS antara lain

    1. Sekbid 1 (Seksi Bidang Ketakwaan dan Ketuhanan Yang Maha Esa)

    Melaksanakan beberapa program :

    • Berkoordinasi dengan IPCM
    • Pengembangan nuansa islami
    • Pemutaran murotal
    • Pengembangan ilmu agama
    • Pengajian rutinan hari Selasa 2 Minggu sekali
    • Keputrian setiap hari Jumat
    • Mengirim utusan menghadiri kajian islami di dalam ataupun di luar sekolah
    • Mengadakan PHBI (Perayaan Hari Besar Islam)
    • Mengadakan kegiatan di bulan Ramadhan
    • Sholat dhuha bersama setiap sebulan sekali
    • Mengadakan kumpulan rutin bersama IPCM sebulan sekali membahas kegiatan bulanan dan mempererat silaturahmi
    • Mengadakan Forum silaturahmi dengan rohis sekolah lain
    • Mengikuti pelaksanaan kegiatan IPCM

     

    1. Sekbid 2 (Seksi Bidang Penghidupan Berbangsa dan Bernegara)

    Program Kerja :

    • Berkoordinasi dengan Paskibra
    • Mengadakan upacara setiap hari Senin dan apel pada kegiatan tertentu
    • Penjadwalan organisasi/ekskul yang menjadi petugas upacara
    • PHBN (Perayaan Hari Besar Nasional)
    • Mengirimkan pasukan upacara setiap hari besar  nasional
    • Penilaian kelas (kebersihan, kerapihan, dan kelengkapan)
    • Menghadiri kegiatan paskibra melalui kegiatan yang masuk
    • Mengadakan kumpulan rutin (2 bulan sekali dengan Paskibra) untuk mempererat tali silaturahmi
    1. Sekbid 3 (Seksi Bidang Pendidikan dan Bela Negara)

    Program Kerja :

    • Berkoordinasi dengan PKS
    • Penghayatan tata tertib sekolah dengan PKS dan BK
    • Mengadakan lomba cerdas cermat
    • Mengadakan baris-berbaris
    • Melaksanakan kegiatan Matsama
    • Mengadakan komite disiplin (komdis)

     

    1. Sekbid 4 (Seksi Bidang Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur)

    Program Kerja :

    • Berkoordinasi dengan PMR
    • Mengadakan bakti social setiap bulan bagi orang yang membutuhkan (BAKSOS)
    • Kunjungan terhadap guru atau siswa yang terkena musibah
    • Apotek berjalan
    • Mengadakan kumpulan rutin sebulan sekali dengan PMR untuk mempererat tali silaturahmi
    1. Sekbid 5 (Seksi Bidang Pendidikan Politik dan Kepemimpinan)

    Program Kerja :

    • Berkoordinasi dengan Pramuka
    • Mengkoordinasi siswa yang masuk OSIS
    • Mengikuti seminar-seminar atau training motivation
    • Membantu pelaksanaan masa orientasi siswa
    • Mengikuti latihan gabungan OSIS atau study banding
    • Mengadakan kegiatan Diklat OSIS
    • Mengadakan pelantikan anggota OSIS (penebusan blezzer)

     

    1. Sekbid 6 (Seksi Bidang Keterampilan dan Kewirausahaan)

    Program Kerja :

    • Berkoordinasi dengan Crew Jurnalistik
    • Memperbarui sosial media milik OSIS
    • Mempublikasikan dokumentasi setiap acara
    • Membantu menjalankan Peringatan Bulan Bahasa
    • Mengadakan Market Day (Bazar) secara berkala/akhir tahun
    • Mengadakan kreasi sosial media kelas pada hari-hari besar
    • Membuat album dekumentasi (album tahunan OSIS)
    • Membuat video dokumenter
    • Mengikuti seminar atau workshop kewirausahaan
    • Mengadakan kumpulan rutin sebulan sekali dengan Crew Jurnalistik

     

    1. Sekbid 7 (Seksi Bidang Kesehatan Jasmani dan Daya Kreasi)

    Program Kerja :

    • Berkoordinasi dengan ekskul olahraga
    • Mengadakan porak
    • Mengikuti kegiatan-kegiatan seperti Porseni dan Aksioma
    • Mengaktifan kegiatan ekskul olahraga
    • Melakukan pertandingan uji coba
    1. Sekbid 8 (Seksi Bidang Apresiasi dan Kreasi Seni)

    Program Kerja :

    • Berkoordinasi dengan Seni
    • Pengelolaan dan penerbitan majalah dinding
    • Membantu dan memotivasi dalam rangka kegiatan lomba yang berhubungan dengan kesenian serta membantu menyimpan srana dan prasarana untuk Seni
    • Membina dan mengembangkan kreasi seni di lingkungan sekolah
    • Mengadakan lomba aktivitas dan kreatifitas antar siswa
    • Mengadakan rapat gabungan dengan ekskul Seni
    • Mengadakan acara yang berkoordinasi dengan ekskul Seni,seperti :
    1. Paturay tineung
    2. Memperingati HUT Garut
    3. Pasanggiri
    4. Lomba membuat mading antar kelas
    5. Expo MAN 1 Garut

     

    1. Sekbid 9 (Seksi Bidang Hubungan Lintas Organisasi dan Ekstrakulikuler)

    Program Kerja :

    • Mengadakan perkenalan Sekbid dengan organisasi/ekskul yang bersangkutan
    • Menghadiri kegiatan0acara sesuai dengan surat yang masuk

     

    1. PROGRAM PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER
    2. Pengertian Kegiatan Ekstra Kurikuler

    Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar jam pelajaran biasa yang dilakukan di sekolah/luar sekolah  untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/madrasah secara berkala dan terprogram.

     

    II Tujuan

    Menunjang pencapaian tujuan institusional dalam upaya pembentukan manusia Indonesia seutuhnya berdasarkan Pancasila, yaitu :

    (1) Manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur.

    (1)  Memiliki pengetahuan dan keterampilan

    (2)  Sehat jasmani dan rohani

    (3)  Kepribadian yang mantap dan mandiri

    (4)  Rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

     

    III. Bidang dan Jenis Kegiatan Pembinaan

    1. Bidang Olah raga
    2. Sepak Bola/ Footsal
    3. Volley Ball
    4. Tenis Meja
    5. Bulu tangkis
    6. Bola Basket
    7. Bidang Seni
    8. Seni Olah Vokal
    9. Seni Teater
    10. Seni Rupa
    11. Seni Tradisional (Pencak Silat)
    12. Bidang  wawasan Kebangsaan
    13. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra)
    14. Palang Merah  Remaja  (PMR)
    15. Pramuka
    16. PKS
    17. Pembinaan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
    18. Kegiatan IPCM ( Ikatan Pelajar Cinta Mesjid)
    19. Kegiatan Ramadhan (buka bersama, pengajian)
    20. Perayaan Hari Besar Keagamaan ( Maulid Nabi, Peringatan Isro Mi’raj, Tahun Baru Islam, pendidikan Qurban)
    21. Tahfidz ( menghafal surat surat pendek juz 30 untuk kelas X, surat al mulk, yasin kelas XI, Alwaqiah, Arrohman kelas XII)
    22. Sholat Dhuha (pembiasaan sholat dhuha setiap satu bulan sekali dhuha bersama minggu ke 2, dan pembiasaan setiap hari dengan kesadaran masing-masing)
    23. Sholat Berjamaah (berjamaah dzuhur)/ pembiasaan sholat tepat waktu
    24. Pembinaan  keterampilan dan  Kewirausahaan
    25. Usaha Siswa

    OSIS melakukan usaha warung berjalan (membuat produk kemudian dipasarkan ke kelas-kelas). Membuat pin OSIS MAN 1 Garut, Sticker MAN 1 Garut dsb.

    1. Kerja sama dengan pihak lain

    OSIS dapat memasarkan produk lain yang diproduksi pihak lain/ perusahaan

    1. Peranan dan Tugas Guru/Kepala Sekolah

    Dalam kegiatan ekstrakurikuler tugas guru antara lain memberikan rangsangan dan motivasi serta arahan-arahan/pembinaan mulai dari persiapan, pelaksanaan, penilaian dan upaya pengembangan.

    Selama kegiatan ekstrakurikuler berlangsung, peranan guru/kepala sekolah adalah sebagai berikut :

    1. Sebagai Motivator

    Memberikan rangsangan dan dorongan bagi siswa agar dapat mau melakukan sesuatu secara perorangan, berpasangan, kelompok maupun menurut rombongan belajar (klasikal)

    1. Sebagai fasilitator/tutor

    Berperan memberikan materi dan membantu kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler

    1. Sebagai Dinamisator/akselelator

    Mendorong aktifitas siswa agar dapat melakukan kegiatan yang lebih banyak dan lebih bervariasi dari segi kualitas dan kreatifitas siswa.

    1. Sebagai konselor

    Memberikan bimbingan dan menjadi nara sumber, tempat berkonsultasi untuk kegiatan dari tahap persiapan, pelaksanaan, penilaian, tidak lanjut dan pengembangannya.

    1. Penyusunan Program Bimbingan Kegiatan Ekstrakurikuler

    Untuk menunjang kelancaran, efisiensi dan efektifitas bimbingan kegiatan ekstrakurikuler perlu disusun program kegiatan bimbingan siswa. Komponen yang perlu dimasukan dalam program ini meliputi kegiatan yang dilaksanakan pada tahap persiapan, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut kegiatan ekstrakurikuler

    1. PEMBINA EKSTRAKURIKULER/ TUGAS EKSTRAKURIKULER

    PEMBINA

    Pembina Ekstrakurikuler

    No Nama Pembina Jabatan
    1. Dewi Mardiani, S.Ag, M.A Pembina OSIS
    2 H. Ropiudin Soleh, S.Ag, M.M Pembina IPCM
    3. Randi Gunawan, S.Pd Pembina PKS
    4 Ida Halimah, S.Pd/ Rd. Zachmar Ashari, S.Pd Pembina Pramuka
    5 H. Tata Sapta, S.Pd Pembina Paskibra
    6 Mahesa Yudha Pratama, S.Pd Pembina PMR
    7 Enjang Hasan, M.Pd.I Pembina KCB dan Jurnalis
    8 Iskak Ramdhan, S.Pd Pembina Olah Raga
    9 Roni Supriatna, S,Pd Pembina Seni
    10 Mashalimah, S.Ag, M.Pd.I Pembina Sains

     

    JADWAL DAN TEMPAT KEGIATAN RUTIN OSIS/DPK  DAN ESKUL MASA PANDEMI

    No Nama Ekstrakurikuler Hari Kegiatan Waktu Tempat
    Sn Sl Rb Km Jm Sb Mg
    1 OSIS/DPK X 13.00-15.00 Ruang Kelas
    2 PKS X 13.00-15.00 Lapang /Kelas
    3 Kreasi Seni X X 13.00-15.00 Ruang Kelas
    4 Pramuka X 13.00-15.00 Lapang /Kelas
    5 Paskibra X 13.00-15.00 Lapang /Kelas
    6 PMR X 13.00-15.00 Lapang /Kelas
    7 Klub Olah Raga X 13.00-15.00 Lapang /Kelas
    8 Keagamaan / IPCM X 13.00-15.00 Mesjid/ Ruang Kelas
    9 Jurnalis X 13.00-15.00 Ruang Kelas
    10 GCA X X 13.00-15.00 Ruang Kelas

     

    JADWAL DAN TEMPAT KEGIATAN RUTIN OSIS/DPK  DAN ESKUL MASA NORMAL

    No Nama Ekstrakurikuler Hari Kegiatan Waktu Tempat
    Sn Sl Rb Km Jm Sb Mg
    1 OSIS/DPK X X 15.30-17.00 Ruang Kelas
    2 PKS X X 15.30-17.00 Lapang /Kelas
    3 Kreasi Seni X X 15.30-17.00 Ruang Kelas
    4 Pramuka X X 15.30-17.00 Lapang /Kelas
    5 Paskibra X X 15.30-17.00 Lapang /Kelas
    6 PMR X X 15.30-17.00 Lapang /Kelas
    7 Klub Olah Raga X X 15.30-17.00 Lapang /Kelas
    8 Keagamaan / IPCM X 15.30-17.00 Mesjid/ Ruang Kelas
    9 Jurnalis X X 15.30-17.00 Ruang Kelas
    10 GCA X X 15.30-17.00 Ruang Kelas

    Untuk kelas XII kegiatan dilaksanakan sampai awal semester Genap. Karena mereka mempersiapkan Ujian akhir

    Secara umum pelaksanaan pembinaan eskul ini antara lain:

    1. Kegiatan bimbingan rutin
    2. Pelaksanaan rekruitmen anggota baru
    3. Diklat dan pelatihan anggota Baru
    4. Pelantikan angggota Baru
    5. Diklat Khusus
    6. Kegiatan yang melibatkan siswa SMP atau lintas organisasi
    7. Pelaksanaan Kegiatan lomba
    8. Keikutsertaan Lomba/ kegiatan di luar Madrasah
    9. Sosialiasi Program
    10. Musgab ( Musyawarah dan Laporan Pertanggung jawaban)

    Secara khusus ada kegiatan kegiatan yang hanya dilaksanakan oleh organisasi eskul tersebut.


    PROGRAM PEMBINAAN KEGIATAN PEMBIASAN

Dalam upaya penanaman nilai nilai keagamaan, kedisiplinan, dan lainnya dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain :

  1. Sambut Pagi

Waka Kesiswaa melakukan koordinasi dengan Pembina Kesiswaan melakukan piket harian dalam upaya sambut pagi peserta didik dengan salam/ salam covid dan sapa serta penegakan kedisiplinan.

  1. Penegakan Tata tertib sesuai buku saku (PKS dan Waka Kesiswaan)

Dilakukan sosialisasi tentang tata tertib/ buku saku kepada seluruh peserta didik dan orang tua

  • Dilakukan Sosialisasi tentang tata tertib/ buku saku kepada seluruh guru dan wali kelas
  • Pengisian buku saku dilakukan oleh :
  • Tim piket Pembina pada saat masuk madrasah/ di dalam madrasah
  • Semua guru MAN 1 Garut yang melihat adanya pelanggaran tata tertib.(pertimbangan diberi nasihat kemudian diberi point pada buku saku)
  • Setelah buku saku diisi oleh Pembina/ guru, buku saku tersebut diambil dan diserahkan kepada Waka Kesiswaan/ Tim kesiswaan.
  • Tim kesiswaan mencatat segala pelanggaran yang dilakukan peserta didik dalam Buku rekapitulasi pelanggaran.
  • Tim kesiswaan menindaklanjuti pelanggaran yang dilakukan peserta didik sesuai dengan jumlah point yang terkumpul dan membuat rekomendasi untuk :
  • Dapat dilakukan perjanjian dengan peserta didik bersangkutan
  • Pemanggilan orang tua
  • Skorsing dan lainnya
  • Pemanggilan orang tua dilakukan oleh wali kelas dan dapat didampingi oleh Tim kesiswaan dan BP.
  1. Razia gabungan dengan waktu yang tidak ditentukan (tetapi dilakukan minimal satu bulan sekali untuk seluruh kelas.
  2. Pembinaan wali kelas

Pembinaan wali kelas dilaksanakan setiap minggu ke 3 setiap bulannya. Kegiatan ini digunakan oleh wali kelas untuk memberikan informasi tentang kewalikelasan, evaluasi kegiatan kesiswaan dan lainnya.

5.  Upacara Bendera (PASKIBRA) dan OSIS. Kegiatan upacara bendera dilakukan 2 kali dalam satu bulan di minggu pertama dan minggu ketiga. (pelaksanaannya juga bisa diubah dalam bentuk apel sesuai keperluan). Pelaksanaan upacara bendera dimulai tepat pukul 07.05. Lama kegiatan upacara bendera paling lama 25 menit. 20 menit selanjutnya digunakan untuk penyampaian informasi kesiswaan dan lainnya ( misal:, pengumuman kelas paling rapih dalam upacara, juara kebersihan kelas, atau ada penampilan pidato Bahasa Inggris dan Pidato Bahasa Arab secara bergiliran tiap kelas). Peserta didik yang kesiangan sesudah pukul 07.05 dinasihati, dicatat sebagai kesiangan pada buku sakunya dan harus melakukan upacara Bendera atau pembinaan secara terpisah. Pembina upacara ditugaskan waka dan Pembina dilanjutkan kepada wali kelas (terjadwal). Pelaksana Upaca Bendera ( Paskibra/ perwakilan organisasi/ kelas yang sudah dijadwalkan oleh Pembina paskibra)

  1. Pembiasaan sholat dhuha bersama (IPCM). Kegiatan sholat dhuha Bersama dilaksanakan setiap minggu keempat. (dilaksanakan secara serentak mulai jam 07.05 sampai dengan 07.45. Kegiatan diisi dengan sholat dhuha dan taushiah (kuliah tujuh menit)
  2. Pembiasaan sholat dzuhur berjamaah (IPCM). Setiap peserta didik wajib melaksanakan sholat dzuhur berjamaah. (direncanakan Kembali menggunakan absensi finger print).  Untuk ketertiban sholat berjamaah dilakukan dengan dua sesi ( sesi 1 kelas X dan XI Akademik , sesi 2 Kelas XII dan XI Keterampilan. Bagi peserta didik perempuan yang berhalangan tidak sholat, tetap melakukan absensi finger print.
  3. Pembiasaan kegiatan kebersihan dan penataan lingkungan kelas. (PMR). Dilakukan lomba kebersihan kelas yang akan diumumkan satu bulan sekali dalam upacara bendera. Dinding Kelas diharuskan bersih dari coretan tidak boleh ada sampah di bawah meja. Penataan lingkungan di sekitar kelas dikondisikan oleh kelas masing masing.
  4. Pembiasaan ketertiban berkendara dan Parkir. Tidak menggunakan knalpot yang tidak sesuai standar. Melakukan parkir pada tempat yang tersedia dengan membiasakan memarkirkan kendaraan secara tertib. (ada sanksi bagi peserta didik yang parkir sembarangan). Kegiatan pembisaan ketertiban berkendara dan parkir melibatkan Tim Keamanan MAN 1 Garut sesuai dengan SOP keamanan
  5. Izin masuk, izin keluar sementara dan izin pulang. Izin masuk setelah pembelajaran dimulai dibuatkan jika melebihi 15 menit. Ketika masuk kelas, surat izin masuk ditandatangani oleh guru mata pelajaran, kemudian dikembalikan ke piket. Izin keluar sementara diberikan untuk kepentingan tertentu yang relevan, dan peserta didik membawa tanda izin keluar sementara. Setelah Kembali, wajib mengembalikan tanda izin keluar kepada piket. Izin pulang diberikan kepada peserta didik yang sakit atau atas keperluan lainnya dan telah diizinkan pulang. Surat izin pulang diberikan kepada orang tua untuk ditandatangani dan dikembalikan kepada piket atau wali kelas ketika masuk di hari berikutnya. Izin dispensasi ,  Setiap peserta didik yang mengikuti kegiatan di luar kelas untuk mengikuti kegiatan persiapan atau perlaksanaan lomba sebagai delegasi MAN 1 Garut akan mendapatkan surat dispensasi. Surat dispensasi tersebut ditandatangani oleh Pembina/ kepala madrasah untuk disampaikan ke kelas ( Guru yang mengajar) . Jika kegiatan yang diikuti bukan delegasi MAN 1 Garut, maka peserta didik harus mengajukan surat dispensasi kepada kepala madrasah dengan menyertakan undangan/ surat kegiatan yang diikuti dari orang tua dan organisasi yang diikuti.